Kepentingan Individual dan Kepentingan Bersama

Kita diajari selalu mendahulukan kepentingan bersama, benar kan? Yang benar dan sesuai realitas adalah kalau dua kepentingan itu bisa berjalan serasi. Memang lebih indah dan benar adalah memang mendahulukan kepentingan bersama. Tapi tidak banyak yang sanggup melakukannya.

Perlu diingat kita ini manusia adalah makhaluk individu juga sosial. Setiap manusia harus memenuhi kepentingan individual yang paling dasar. Seperti sandang, pangan, dan papan. Setelah kebutuhan itu dipenuhi maka baru mungkin manusia itu memikiri kepentingan bersama. Kalau kepentingan individual tidak bisa dipenuhi apakah bisa mendahului kepentingan bersama? Mau contoh?

Gampang lihat saja contoh wakil-wakil rakyat di negara tetangga, Republik Madesu (Masa Depan Suram). Kepentingan individu saja tidak bisa mereka penuhi tapi berlagak mau memenuhi kepentingan umum. Jadinya?

Incoming search terms:

  • contoh kepentingan pribadi
  • kepentingan hidupHidup. Read more ... » bersama
  • mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi
  • # Mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi
  • kepentingan bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>