Pembunuh, Profesi Tertua Kedua Di Dunia

Di buku cerita silat serial Pendekar Empat Alis (Liok Siau-hong) yang berjudul Manusia Yang Bisa Menghilang ada topik yang membahas profesi tertua di dunia. Ini menarik buat aku paparkan di blog ku ini karena di buku itu di katakan profesi tertua kedua di dunia adalah pembunuh. Sisi menarik yang lain adalah bagaimana tokoh Kakek Kecil yang bermarga Go dan bernama Beng menuturkan profesi pembunuh ini kepada Liok Siau-hong.

Dikatakan profesi pembunuh adalah profesi tertua kedua di dunia, jauh lebih merangsang daripada profesi kuno yang lain, lebih banyak corak ragamnya dan membangkitkan semangat orang. Profesi yang paling tua pertama adalah pelacuran, sejak purbakala perempuan sudah mahir melacur dengan berbagai macam cara, akan tetapi cara membunuh orang tetap cuma satu macam. Mutlak hanya satu macam. Harus mutlak aman. Sesudah membunuh, bukan saja harus dapat mundur dengan aman dan selamat, bahkan mutlak harus tidak meninggalkan sesuatu bekas. Sebab itulah biarpun banyak alat pembunuh, tapi caranya yang paling tepat mutlak hanya ada satu macam.

Membunuh memerlukan teknik yang tinggi, juga perlu perencanaan yang sempurna, kesabaran dan kecerdasan yang besar. Selain itu diperlukan juga syarat-syarat lain:

Pertama, asal usul harus bersih, sebab bila sejarah hidupnya pernah meninggalkan kesan jelek dimasyarakat, maka sebelum dan sesudah dia bekerja pasti akan menimbulkan curiga orang.

Kedua, tentu saja harus mempunyai kecerdasan dan kesabaran yang luar biasa.

Ketiga, harus tahan uji dan berani terima dihina dan rela tersiksa, orang yang suka menonjol dan pamer, jelas tidak mungkin melakukan profesi ini. Sebab itulah orang yang berprofesi ini pastilah orang-orang yang tidak bernama atau tidak terkenal. Selain tidak bernama, orang itu harus bisa menghilang.

Untuk menjelaskan istilah menghilang, Kakek Go mengangkat cawan arak yang berisi dan dan kemudian menuangkan arak dalam cawan kembali ke dalam botol arak dan si kakek bertanya, dapatkah kau melihat arak tadi? Jika kau tidak dapat melihat arak itu, bukankah arak dari cawan itu sama dengan sudah menghilang? Bila pembunuh itu membaur di tengah lautan manusia, serupa dengan satu bulir beras yang bercampur di dalam segatang beras, siapa pun sukar menemukannya lagi. Bukankah hal itu sama dengan menghilang.

Setelah mendengar penjelasan bagaimana cara menghilang, Liok Siau-hong juga menemukan cara menghilang yang lain. Jika engkau mempunyai semacam kedudukan yang tinggi di masyarakat, maka sama halnya kau dapat menghilang, sebab pada waktu biasa orang lain hanya tahu engkau adalah pemuka masyarakat dna tidak tahu bahwa engkau adalah pembunuh bayaran.

Selain syarat-syarat di atas masih dibutuhkan kepandaian khas serupa naluri binatang liar, harus cepat rekasinya, sebelum tiba bahaya yang mengancam, harus sudah siap sedia. Sebab itulah bilamana si Kakek Go merekut orang untuk dijadikan pembunuh bayaran pasti diuji hidup-matinya. Sebab ketika sesorang menghadapi antara mati dan hidup seseorang akan mengeluarkan segenap kemampuannya yang terpendam, sebab itulah harus dibikin menyerempet berbagai bahaya dahulu. Kalau ternyata orang itu tidak tahan dengan ujian ini, dia pasti akan terbunuh dalam tugasnya. Daripada nanti mati bikin susah orang lain, lebih baik orang itu mati dini.

The Replacement Killer

Beberapa hari lalu aku nonton film The Replacement Killer dengan tokoh utamanya John Lee. Aku bandingkan John Lee dengan dua replacement killer, dapat dilihat perbedaan yang sangat menonjol dari segi fisik. Fisik John Lee biasa saja sedangkan kedua replacement killer tubuhnya tinggi besar dan bermuka seram. Kalau kedua replacement killer dilihat sepintas saja pasti terlintas kata orang jahat di dalam pikiran yang melihatnya. Sedangkan John Lee, tidak ada yang menyangka orang yang bertubuh sedang itu seorang pembunuh bayaran. Pada saat John Lee melihat mereka langsung John Lee merasa kalau mereka pasti lah penjahat yang dikirim untuk membunuh dia. Waktu nonton aku kecewa medengar kedua replacement killer disebut profesional. Contoh film dengan tokoh pembunuh lainnya antara lain The Assassins yang dimainkan oleh Stalone dan Antonio Bandreas dan Leon The Profesional.

Incoming search terms:

  • nonton replacement killer

One thought on “Pembunuh, Profesi Tertua Kedua Di Dunia

  1. dedy

    siapa sih yang suka digigitin oleh nyamuk, so itu juga sudah perbuatan membunuh yakni membunuh se-ekor nyamuk n mungkin nabi Adam. A.S juga pernah ngelakuin itu saat kulitnya digigitin nyamuk, diakan hamba ALLAH yang tertama didunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>