Monthly Archives: November 2006

Politik?

Apa itu POLITIK? Aku yang bertanya, Aku yang menjawab.

Karena belum memahaminya, ia kemudian bertanya pada ayahnya.

Sang Ayah yang menginginkan si anak dapat berpikir secara kreatif kemudian memberikan penjelasan,

“Baiklah nak, ayah akan mencoba menjelaskan dengan perumpamaan, misalkan Ayahmu adalah orang yang bekerja untuk menghidupi keluarga, jadi kita sebut ayah adalah investor. Ibumu adalah pengatur keuangan, jadi kita menyebutnya pemerintah. Kami disini memperhatikan kebutuhan-kebutuhan mu, jadi kita menyebut engkau rakyat. Pembantu, kita masukkan dia ke dalam kelas pekerja, dan adikmu yang masih balita, kita menyebutnya masa depan. Sekarang pikirkan hal itu dan lihat apakah penjelasan ayah ini bisa kau pahami?”

Si anak kemudian pergi ke tempat tidur sambil memikirkan apa yang dikatakan ayahnya.

Pada tengah malam, anak itu terbangun karena mendengar adik bayinya menangis.

Ia melihat adik bayinya mengompol. Lalu ia menuju kamar tidur orang tuanya dan mendapatkan ibunya sedang tidur nyenyak.

Karena tidak ingin membangunkan ibunya, maka ia pergi ke kamar pembantu.

Karena pintu terkunci, maka ia kemudian mengintip melalui lubang kunci dan melihat ayahnya berada di tempat tidur bersama pembantunya.

Akhirnya ia menyerah dan kembali ke tempat tidur, sambil berkata dalam hati bahwa ia sudah mengerti arti POLITIK.

Pagi harinya, sebelum berangkat ke sekolah ia mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya dan menulis pada buku tugasnya: “Politik adalah hal dimana para Investor meniduri kelas Pekerja, sedangkan Pemerintah tertidur lelap, Rakyat diabaikan dan Masa Depan berada dalam kondisi yang menyedihkan.”

Angke

Well, waktu di sekolah aku diajarin kalau yang menjajah indonesia adalah Belanda. Tetapi sekarang setelah aku baca beberapa buku ternyata kita sebenarnya di jajah oleh VOC.

Bagi teman-teman yang di Jakarta pasti tahu jalan atau sungai yang namanya Angke. Kata Angke sendiri berasal dari bahasa Hokien (salah satu propinsi di Cina). Ang = Merah, Ke = Sungai. Angke = Sungai Merah. Merah karena darah. Semasa pemberontakan atau setelah pemberontakan itu ribuan orang Cina dipengagl dan darahnya dibiarkan mengalir ke sungai. Sehingga sungai itu berwarna merah.

Di kotaku, Palembang, waktu perang dulu beberapa orang Cina yang pada waktu malam menyambangi Benteng Kuto Besak dan mencuri senjata-senjata VOC untuk digunakan untuk melawan mereka.

Pada perang kemerdekaan, keturunan Cina lah yang menyeludupkan senjata dari Singapore ke Indonesia.

So kenapa sekarang keturunan Cina tidak akur dengan Pribumi? Pertanyaan ini sama dengan kenapa Islam dan Kristen Protestan sekarang tidak akur? Padahal dulu perbedaan itu tidak pernah muncul.

Mungkin inilah yang namanya POLITIK.

Eurovison Contest

Waktu aku belanja buku di amazon.com nggak sengaja aku teringat dengan lagu-lagu yang pernah aku dengar dari Eurovison Contest jadi aku cari deh CD lagu Eourovision Contest. Ternyata harga CD Eurovison Contest lumayan mahal, rata-rata di atas USD 40. Well pikir-pikir mau beli tapi mahal jadi cari deh versi gratisan di rapidshare :D. So inilah hasilnya dari rapidshare, Eurovison Contest 2006:

Aku juga download seluruh logo yang pernah digunakan sepanjang Eurovison Contest dari tahun 1957 sampai 2006. Kalau mau lengkapnya kunjungi flickr-ku

07_esc_2006 07_esc2001 07_esc2000 07_esc1997 07_esc1996 07_esc1987 07_esc1979 07_esc1999