Penyedia Layanan Web Hosting

free-web-hostingJika anda ingin web site anda dapat diakses di seluruh dunia, web site harus disimpan di web server.

Kebanyakan perusahaan menyimpan web site di server yang disediakan oleh web hosting.

Hosting Web di Web Server Sendiri

Hosting web site di server Anda sendiri selalu menjadi pilihan kedua. Beberapa pertimbangan jika Anda hosting web site dengan server sendiri:

Biaya Hardware

Untuk menjalankan web site yang sesungguhnya, Anda harus membeli komputer server yang cangih. Jangan mengharapkan komputer standar dapat melakukan tugas sebagai web server. Anda juga membutuhkan koneksi internet yang cepat selama 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, dan koneksi tersebut mahal.

Biaya Software

Jangan lupa menghitung biaya tambahan untuk lisensi software. Lisensi untuk komputer server lebih mahal dari lisensi untuk komputer biasa. Juga perlu dicatat beberapa software server memiliki batas lisensi untuk jumlah koneksi yang boleh digunakan oleh pengunjungnya.

Biaya SDM

Jangan harapkan biaya rendah untuk SDM. Ingat Anda perlu menginstall hardware dan software. Anda juga perlu berurusan dengan bug dan virus dan selalu berjaga supaya web server beroperasi dalam kondisi dan situasi apapun.


Menggunakan Jasa Web Hosting

Menyewa server dari web hosting menjadi pilihan utama. Beberapa keuntungan yang kalau menggunakan jasa web hosting:

Kecepatan Koneksi

Hampir semua web hosting memiliki koneksi internet yang super cepat, seperti koneksi T3 fiber-optic 45Mps yang setara dengan 2000 koneksi modem lama (28K) atau 1000 koneksi modem berkecepatan tinggi (56K).

Hardware Yang Berteknologi Tinggi

Penyedia layanan biasanya memiliki web serber yang tangguh sehingga web server mereka bisa digunakan oleh beberapa perusahaan. Mereka juga menyediakan teknologi load balancing yang efektif, dan mempunyai backup server.

Keamanan dan Kestabilan

Penyedia web hosting adalah ahli dalam bidang web hosting. Mereka memiliki server dengan up time mencapai 99%, software terbaru, dan antivirus yang handal.


Yang Perlu Dipertimbangkan

Support 24 Jam

Pastikan web hosting yang akan digunakan memiliki layanan 24 jam. Jangan biarkan masalah yang kritis baru dapat diselesaikan pada hari kerja besoknya. Layanan toll-free sangat penting jika Anda tidak ingin membayar biaya telpon jarak jauh.

Backup Harian

Pastikan penyedia layanan hosting menjalankan prosedur backup harian. Ini untuk jaga-jaga kalau ada masalah dengan server anda.

Lalu Lintas Data

Pelajari aturan lalu lintas penyedia hosting. Pastikan Anda tidak membayar biaya tambahan yang besar kalau terjadi lonjakan lalu lintas data web site Anda.

Kebijakan Bandwidth Atau Isi

Pelajari kebijakan bandwidth dan isi penyedia web hosting. Jika Anda berencana untuk menampilkan gambar atau video atau suara, pastikan penyedia layanan web hosting Anda mengijinkannya.

Kemampuan Email

Pastikan penyedia layanan web hosting mendukung kemampuan email yang Anda perlukan. (Anda dapat membaca kemampuan email di tutorial yang lain)

Front Page Extensions

Pastikan web hosting Anda mendukung FrontPage extension jika Anda membuat web site dengan menggunakan FrontPage.

Akses Database

Pastikan web hosting menyediakan akses database yang Anda gunakan di web site. (Anda dapat membaca mengenai akses database di tutorial yang lain)

Disadur dan disiapkan oleh:
Kurniawan
Dapurhosting
Disadur dari:
http://www.W3schools.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>