Madadayo

fichas_175Directed by: Akira Kurosawa
Genre: Drama
Cast: Tatsuo Matsumura (Professor Hyakken Uchida), Kyôko Kagawa (Professor’s Wife), Hisashi Igawa (Takayama), Jôji Tokoro (Amaki)
Tag Line: The final film by Japan’s master filmmaker.

My Score: 7.0Madadayo menceritakan kehidupan setelah pensiun Hyakken Uchida, seorang guru dan penulis. Di mata murid-muridnya Uchina adalah seorang sosok guru yang mengagumkan. Walaupun murid-muridnya telah lulus dan Uchina pensiun menjadi guru, mereka tetap memanggil Uchina guru. Bagi mereka sekali guru selamanya tetap menjadi guru.

Dalam kehidupan pensiunnya para murid-muridnya sering berkumpul di ruma sang guru. Dan mereka mengadakan acara ritual tahunan untuk memperingati ulang tahun sang guru. Di mana para peserta pesta menanyakan “Mahda-kai? (Are you ready?)” dan Uchida sambil mengangkat segelas bir besar dan menjawab “Madadayo! (Not Yet!),” yang mengisyaratkan bahwa kematian bisa datang kapan saja tetapi kehidupan tetap berjalan.

Madadayo adalah film penutup dari karier sutradara legendaris Jepang, Akira Kurosawa. Mungkin beliau sudah tahu bahwa perjalanannya telah mendekati akhirnya dan walaupun beliau tahu tapi dia tetap meneriakkan Madadayo.
Cerita film ini sangat sederhana tetapi mengguratkan pesan yang dalam. Setelah nonton film ini aku merasa kalau aku ini seorang murid yang tidak tahu terimakasih. Banyak ilmu dan pengetahuan aku diajarkan guru-guruku tapi tidak pernah aku lakukan satu kebaikan apapun untuk membalas jasa mereka, bahkan berterimakasih pun aku belum pernah ucapkan secara langsung.

Film ini harus dijadikan tontonan wajib bagi generasi-generasi sekarang dan yang akan datang supaya bisa lebih menghormati jasa guru, pahlawan tanpa jasa.

Terimakasih para guru-guru yang pernah secara langsung ataupun tidak langsung telah mengajari aku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>