Ikiru

ikiruDirected by: Akira Kurosawa
Genre: Drama
Casting: Takashi Shimura (Kanji Watanabe), Shinichi Himori (Kimura), Haruo Tanaka (Sakai), Minoru Chiaki (Noguchi)
Quote: I can’t afford to hate people. I don’t have that kind of time; Drinking this expensive sake is like paying myself back with poison for the way I lived all these years; Life is so short / Fall in love, dear maiden / While your lips are still red / And before you are cold, / For there will be no tomorrow.

My Score: 8.5

Mungkin kita-kita sudah pernah membaca cerita dimana ada seorang pekerja yang mengetahui kalau hidupnya hanya tersisa tiga bulan karena mengidap kanker lambung. Kemudian pekerja itu melakukan suatu yang berguna bagi hidup dan lingkungannya. Nah inilah film dari cerita tersebut, Ikiru yang berarti “To Live”.

Film ini diceritakan dari sudut pandang Mr. Watanabe dan teman sekantornya setelah kematian Mr. Watanabe. Akira Kurosawa menceritakan Ikiru dari dua sudut pandang Mr. Watanabe dan teman sekantornya setelah kematiannya. Ikiru menyajikan pesan moral dan mengajak penontonnya untuk merenungkan pesan moral tersebut,

Ikiru menceritakan kehidupan Mr. Watanabe, seorang separuh baya yang bekerja di salah satu perusahaan pemerintah. Kehidupan sehari-hari hanya menghabiskan waktunya dengan tidak mengerjakan suatu yang berarti, kecuali melindungi karirnya di pemerintahan. Prinsipnya lebih baik tidak melakukan sesuatu untuk menjaga posisinya. Bahkan beliau tidak pernah mengambil cuti sehari pun seumur hidup beliau bekerja.

Beliau selalu merenungkan apakah kehidupan seperti ini layak diteruskan. Sampai suatu hari lambungnya menimbulkan masalah. Setelah beliau konsultasi ke dokter ternyata beliau terkena kanker lambung dan hidupnya hanya tiga bulan lagi.

Sadar kalau hidupnya tidak akan lama lagi, Mr. Watanabe berubah dari peminum menjadi seorang pendiam dan merenungi apa artinya hidup dan bagaimana rasanya benar-benar hidup. Beliau pun terjun ke kehidupan malam tetapi menemukan semua itu tidak berarti. Tidak membuat beliau merasa hidup.

Komunikasi antara anak dan menantunya tidak berjalan lancar. Diinspirasikan oleh bekas rekan kerjanya, Mr. Watanabe memutuskan untuk membawa kebahagian bagi orang lain dengan membangun taman bermain di daerah kumuh. Menjelang akhir pembangunan taman tersebut, beliau mampu menghadapi kematiannya dengan damai dan membuka mata anak, menantum, dan rekan kerjanya.

Pada proses pembangunan taman bermain, Mr. Watanabe mendapatkan penolakan-penolakan dari departemen pemerintah lainya. Temannya menanyakan apakah beliau merasa kesal atas perilaku penolakan mereka, beliau menjawab bahwa dirinya tidak punya waktu untuk merasakan rasa kesal itu.

Cerita film ini sangat menggugah hati, mengingatkan aku atas tujuan aku di dunia ini. Sampai hari ini aku masih meraba-raba untuk apa aku hidup. Tuhan tidak mungkin meniupkan nafasku ke duni ini hanya untuk “hidup” saja. Pasti ada arti, arti yang harus aku temukan sendiri.

One thought on “Ikiru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>