Doom

doom_movie_picture_18Directed by: Andrzej Bartkowiak
Genre: Action, Sci-Fi, Thriller
Cast: Karl Urban (John Grimm), The Rock (Sarge), Rosamund Pike (Samantha Grimm)
Tag Line: Hell Breaks Loose
Quote: 10% of the human genome is still unmapped. Some say it’s the genetic blueprint for the soul.

My Score: 6.5

Pada tahun 2026 team arkelog yang bekerja di padang pasir Nevada menemukan portal ke sebuah kota kuno di Planet Mars. Mereka menyebutnya the Ark. Dua puluh tahun kemudian, mereka masih mencari tau kenapa portal ini dibuat dan apa yang terjadi dengan peradaban yang membuat.

Di laboratorium Mars dilakukan penelitian mengenai kromosom 24, kromosom yang ditemukan pada salah satu kerangka penghuni kota kuno Mars. Ternyata kromosom 24 atau C24 diidentifikasi sebagai kromosom superhuman yang memiliki kemampuan regenerasi sel 50 kali lebih cepat dari manusia biasa yang artinya jika terluka dia dapat langsung menyembuhkan lukanya.

Seharusnya dengan kemampuan superhuman tidak akan terjadi kepunahan seperti yang terjadi di kota kuno. Setelah Samantha mengamati apa yang terjadi dengan team RRTS, maka Samantha menyimpulkan kalau C24 ternyata memberikan efek yang berbeda kepada manusia. C24 dapat membuat manusia menjadi superhuman dan juga dapat membuat manusia menjadi monster. Hal inilah yang menyebabkan kepunahan penduduk di kota kuno Mars itu.

Doom diadposi dari game PC. Aku pernah main sebentar game Doom tapi tidak terlalu tau detail cerita yang dibawakan oleh game itu. Jadi aku tidak bisa membandingkan cerita film dan game. Tapi yang jelas monster dan senjatanya ada di dalam game.

Banyak cacat cerita di dalam film ini seperti pada saat Duke dan Samantha membawa Dr. Carmack ke lab ternyata di situ ada seorang dokter wanita yang tidak diketahui datang dari mana padahal dikatakan area itu hanya ada Dr. Carmack dan teamnya dan area itu juga telah menjalankan prosedur “no-one in, no-one out” yang bearti tidak boleh ada orang yang keluar masuk area itu kecuali team RRTS.

Kalau kamu-kamu pada suka film yang tegang, full blood, dan penuh adegan tembak-menembak, bolehlah nonton film Doom. Karena dari awal sampai akhir film ini menawarkan nuansa mencekam. BTW film ini masuk dalam nominasi Razzie Award, nominasi sebagai worst actor oleh  Dwayne ‘The Rock’ Johnson. Si Rock memang kaku banget main film, aktingnya parah. Pantes deh dinominasikan jadi worst actor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>